Perbedaan Warna RGB dan CMYK, Serta Cara Penggunaannya yang Benar

19:24 Abas One 2 Comments



Halo semuanya, kali ini saya tidak akan membahas tentang membuat tutorial desain, tapi akan membahas sesuatu yang dasar dalam dunia desain yaitu apasih warna CMYK dan RGB, dan dimanakah saat kita harus menggunakan palet warna CMYK atau RGB?. Ini sangat penting karena sebagai desainer atau orang yang berkerja di dunia desain terkadang mendapati hasil cetak dengan apa yang di lihat di layar komputer berbeda dan pasti akan menimbulkan kekecewaan apalagi jika sebuah desain dibuat dengan susah payah.


Warna CMYK
Langsung saja yang pertama adalah warna CMYK atau Cyan Magenta Yellow Black, CMYK adalah warna yang berbasis pada pengurangan sebagian gelombang cahaya (substractive color mode) dan merupakan warna yang digunakan dikebanyakan mesin cetak pada saat ini. Pada warna CMYK keempat warna tersebut akan diproses dan ditumpuk sehingga menghasilkan warna dari gabungan empat warna tersebut oleh karena itu proses tersebut harus memenuhi standar warna dan nilai opacity / transparasi.

Sedangakan warna RGB merupakan singkatan dari Red Green Blue, merupakan warna pencahayaan (additive color mode), apakah itu?

Warna RGB

Additive color mode adalah warna yang dipakai pada devices seperti monitor LCD, CRT dan layar smartphone, apabila ketiga warna tersebut digabungkan maka akan tercipta warna putih inilah kenapa RGB disebut sebagai additive color atau dalam istilah Indonesia warna pencahayaan,  oleh karena itu warna yang dihasilkan oleh warna RGB selalu terlihat terang semisal warna green lime atau hijau stabilo yang tidak bisa di buat jika menggunakan palet warna CMYK, karena memang diataur untuk penggunaan display monitor. Namun warna RGB sangat terpengaruh dengan kemampuan grafis komputer.

Jadi kesimpulannya adalah untuk hasil cetakan yang maksimal gunakan warna CMYK sehingga warna yang dihasilkan tidak akan berbeda jauh dengan apa yang di tampilkan di komputer sedangkan untuk desain yang digunakan pada media elektronik bisa menggunaakn warna RGB karena kemampuannya dalam menghasilkan warna-warna yang kaya dan menarik dilihat.

Oleh karena itu sebelum membuat desain pastikan apakah akan ditampilkan di media elektornik atau akan dicetak, lalu bagaimana jika sudah terlanjur menggunakan warna RGB untuk media yang akan dicetak?


Jangan khawatir mode warna RGB dapat di konversi ke warna CMYK dan sebaliknya, namun jangat keget apabila terdapat perbedaan. Terima kasih sudah membaca sampai akhir semoga artikel ini bermanfaat.

2 comments:

  1. sangat menginspirasi... thanks gan

    ReplyDelete
  2. http://gunungbikers.blogspot.co.id/2016/11/perbandingan-ergonomi-x-max-dengan-n-max.html

    ReplyDelete