Macam-macam Jenis Finishing dan Laminasi Pada Percetakan

08:21 Abas One 1 Comments

Proses finishing dalam dunia percetakan merupakan proses terakhir, yaitu setelah desain atau gambar dicetak kesebuah media cetak. Pada media kertas terdapat beberapa jenis finishing yang popular digunakan salahsatunya laminasi.

Laminasi merupakan teknik pelapisan plastik tipis transparan pada permukaan kertas dengan menggunakan alat pemanas, sehingga lapisan plastik akan menempel pada media kertas. Selain untuk mempercantik hasil cetakan tujuan laminasi juga untuk membuat hasil cetakan menjadi lebih awet karena media cetak terlapisi oleh plastik transparan.

Beberapa jenis laminasi dantaranya:

1. Laminasi Glossy
Laminasi jenis ini menghasilkan kesan mengkilap pada hasil cetakan, laminasi glossy mampu memberikan kesan berkilau karena memantulkan banyak cahaya. Laminasi ini sering digunakan untuk hasil cetakan foto, karena bisa memberikan efek warna yang lebih cerah pada foto.

Laminasi Glossy

2. Laminasi Doff
Laminasi doff merupakan kebalikan dari laminasi glossy, jenis laminasi ini mampu memberikan kesan lebih elegan dan lembut karena karakternya yang tidak banyak memantulkan cahaya, laminasi ini sering digunakan untuk undangan dan kartu nama.

Laminasi Doff

3. Spot UV
Jenis ini adalah gabungan dari laminasi glossy dan laminasi doff, dengan mesin khusus mampu menghasilkan permukaan mengkilap pada area tertentu seperti pada gambar makanan pada buku menusehingga warna dari gambar akan terlihat lebih cerah, dan efek doff yang terlihat elegan pada background. Jenis laminasi ini biasa digunakan untuk membuat cover buku, katalog dan buku menu.

Spot UV


Itu merupakan beberapa jenis laminasi yang popular digunakan dalam dunia percetakan, selain itu terdapat laminasi yang mampu memberikan kesan 3D pada objek, sebenarnya jenisnya hamper sama dengan laminasi glossy yaitu mengkilap, namun pada plastik laminasi terdapat pola-pola khusus dan warna seperti hologram sehingga mampu memberikan kesan 3 dimensi.

Laminasi 3D

1 comment:

  1. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di http://mapraport-ijazah-agenda.com/
    . Sukses selalu

    ReplyDelete