Membuat Template Desain Iklan di Instagram, BBM dan Facebook

17:38 Abas One 0 Comments



Di dunia yang serba digital ini pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya toko digital atau biasanya disebut online shop, kalau dulu olx atau bahkan kaskus adalah tempatnya orang-orang jualan, sekarang online shop sudah merambah kemedia yang lebih dekat dengan kita gan yaitu social media seperti Instagram, BBM dan Facebook. Pasti sebel kan kalau lagi asik buka Instagram tiba-tiba ada akun yang isinya cuma jualan? Eit tapi jangan buru-buru di hapus karena terkadang toko online memang memberikan harga yang lebih murah dari pada toko konvensional.

Nah dari masalah diatas gan, sebagai seorang seller kita harus membuat orang agar tertarik melihat akun toko online agan,  tentunya selain dengan harga yang kompetitif adalah dengan membuat tampilan iklan kita menarik, gimana sih caranya? Gampang kog dan pastinya akan membuat pembeli selalu cek iklan dari agan.

Langsung saja pertama buka aplikasi Coreldraw dan buat bentuk persegi dengan ukuran bebas, pilih Contour tool kemudian tarik garis kedalam kemudian tekan ctrl + k pada keyboard untuk memisahkan objek asli dengan objek hasil contour.



Selanjutnya gunakan Shape tool  atau tekan F10 untuk membuat sudut membulat pada kotak kedua.


Buat 2 buah bentuk kotak lagi dan gunakan Shape tool untuk membuat sudut membulat seperti cara diatas lagi gan.


Selanjutnya dikasih outline putus-putus agar tampilannya terkesan lebih menarik, caranya gunakan lagi Contour tool dan tarik kedalam objek kotak ke 3 dan 4, kemudian pisahkan objek hasil contour dengan menekan ctrl + k pada keyboard.


Nah untuk mengubah garis yang biasa menjadi putus-putus, pilih objek kemudian tekan F12 untuk menampilkan pengaturan Outline Pen. Gunakan Style untuk memilih garis sesuai selera dan width untuk mengatur ketebalan garis, jika sudah klik Ok dan seperti ini hasilnya.


Sekarang beri warna pada objek, untuk kotak dengan garis putus-putus yang kita beri warna adalah outlinenya sedangkan kotak dibelakangnya beri warna pada fill nya. Caranya pilih objek yang akan di beri warna dan klik kanan pada palet warna untuk memberi warna pada outline dan klik kiri pada palet warna untuk memberi warna pada bagian dalam objek.


Langkah selanjutnya kita akan memasukkan gambar produk, caranya dengan menggunakan fitur Power Clip. Klik kanan pada gambar kemudian pilih PowerClip Inside setelah muncul gambar panah klik ke objek dimana agan mau memasukkan gambar tersebut, lakukan jug acara tadi untuk objek kotak ber warna hijau yang sudah dibuat tadi agar tampilannya lebih rapi seperti ini.



Nah, sekarang gimana nih caranya kalau mau mengatur atau mengganti gambar di dalam objek powerclip, caranya dengan klik kiri pada mouse bersamaan menekan tombol ctrl, maka kita akan masuk kedalam objek power clip. Atur gambar sesuai keinginan dan klik kiri + ctrl lagi untuk keluar dari objek powerclip.


Selanjutnya gunakan Text tool untuk menambahkan tulisan dan narasi sesuai iklannya gan, kemudian export k dalam format JPEG dengan cara tekan ctrl + e kemudian pilih format JPEG. Dan seperti ini lah hasil akhirnya.



Gimana iklan jadi lebih menarik kan? Untuk iklan selanjutnya jika ingin menggunakan desain yang sama tinggal mengganti gambar produk dan keterangannya, kalo ingin membuat template baru,  baca terus concept desain nanti saya akan buat artikel nya.

Terima kasih sudah membaca tutorial ini sampai selesai.

0 comments: